Cara Membuat Vlog Di Youtube
Membuat Vlog Untuk Pemula – Panduan Dan Tips
Panduan kali ini memberi Anda
informasi yang Anda butuhkan tentang video blogging dan tips menciptakan video
seperti bintang YouTube sebenarnya.
Seperti bentuk blogging lain,
video blogging (vlog) dilakukan dengan bantuan video. Anda bisa gunakan layanan
gratis seperti YouTube atau Vimeo untuk host video Anda. Seperti blog normal,
video Anda akan terlihat ke publik dan mereka bisa menilai, memberi komentar,
dan membagikannya. Perbedaan besarnya adalah kita menggunakan video untuk
membagikan informasi, bukan teks.
Dengan mengetahui apa yang akan
Anda vlog-kan, siapa audiens Anda, apa tujuan Anda, dan bagaimana Anda
mencapainya, Anda berarti telah memiliki konsep untuk sebuah saluran vlog.
Membuat Blog
Atau Vlog?
Bagaimana memilih antara video
blogging dan artikel tradisional? Kenapa Anda perlu memilih satu dari keduanya?
Menggabungkan postingan teks, gambar, dan video memberi Anda fleksibilitas
lebih banyak untuk mempresentasikan konten, menciptakan pengalaman pengguna
yang lebih baik, dan memberi Anda jangkauan lebih besar.
Untuk melakukan ini Anda perlu
memiliki website sebagai tempat Anda menerbitkan semua konten. Bila Anda belum
memutuskan platform mana untuk digunakan dalam video blogging, YouTube jelas
jadi pilihan. Ribuan bintang YouTube di seluruh dunia memperoleh keuntungan
besar per tahun dari iklan pada saluran mereka. YouTube telah menjadi situs
video favorit.
YouTube memberi
Anda akses langsung ke audiens global. Halaman Facebook bisa menjadi alternatif
untuk video dan platform untuk mendapat jangkauan tambahan. Tidak seperti
YouTube, Facebook secara otomatis memutar video di newsfeed dan menghitung full
view setelah hanya 3 detik play.
Memulai
Vlogging Untuk Pemula: Tool Untuk Menciptakan Konten Video
Mudah saja untuk memulai
vlogging dan Anda tidak perlu menggunakan kamera yang mahal. Coba gunakan
peralatan dasar seperti kamera komputer atau kamera di mobile phone. Saat ini
teknologi sudah sangat maju dan Anda pasti memiliki kamera berkualitas bagus di
komputer atau handphone.
Gunakan software seperti Camtasia (Windows)
dan Screenflow (Mac)
ketika ingin merekam. Gunakan tool editing yang mudah digunakan seperti MovieMaker (Windows)
dan iMovie (Mac)
ketika Anda ingin mengedit video. Cari tempat sunyi bila Anda menginginkan
audio keras dan jernih.
Awalnya mungkin terasa canggung
untuk merekam diri sendiri. Memang butuh waktu untuk berlatih menjadi master.
Coba rekam beberapa video diri sendiri untuk dilihat kembali dan dipelajari.
Buat script untuk video bila ini membantu Anda lebih percaya diri. Tempat bagus
untuk memulainya adalah screen capture video. Ini cukup mudah dibuat. Anda
hanya merekam apa yang Anda lakukan di layar komputer. Tak perlu kamera video
atau cahaya. Anda bahkan tidak perlu khawatir tentang bagaimana penampilan Anda
karena orang tidak melihat Anda. Screen capture video juga efektif untuk engagement.
Anda punya banyak gambar dari
event atau liburan tapi tak punya skill untuk mengedit? Coba tool seperti Shred Video untuk menciptakan video dari koleksi
gambar yang Anda miliki. Perlu musik untuk video? Coba Jukedeck, tool untuk menciptakan
musik yang unik yang bisa digunakan gratis.
Optimasi
Video Untuk Ditemukan Di Pencarian Youtube
Tak ada trik ajaib untuk
menjamin video Anda akan dilihat. Sebanyak 300 jam video diupload di YouTube
setiap menit. Kebanyakan video-video ini terabaikan. Ada beberapa hal yang bisa
Anda lakukan untuk meningkatkan kemungkinan mendapat view.
Kebanyakan pengguna YouTube
menemukan video menggunakan pancarian, rekomendasi, dan video terkait. Anda
perlu optimasi saluran dan video Anda untuk memiliki kemungkinan lebih baik
menjadi yang terdepan.
Ada beberapa faktor yang
mempengaruhi algoritma Google dan YouTube, video terkait, dan rekomendasi.
Berikut adalah faktor yang perlu Anda ketahui:
Optimasi Saluran YouTube
Ada beberapa hal yang bisa Anda
lakukan untuk optimasi saluran. Ikuti saran ini:
·
Ukuran saluran Anda jadi hal penting. Tingkatkan output video
dan mulai membangun archieve video Anda. Cari tahu jadwal penerbitan yang
tepat.
·
Frekuensi upload video baru. Algoritma menyukai upload yang
teratur. Audiens yang konsisten dibangun dengan menerbitkan konten secara
konsisten. Terbitkan video baru pada frekuensi sering dan pada jadwal yang
berulang. Beritahu penonton tentang jadwal video Anda untuk membangun buzz dan
membuat mereka penasaran tentang video baru Anda.
·
Kualitas video. Video dengan high definisi paling jelas
dibanding vidoe kualitas rendah di hasil pencarian. Lakukan shooting dan upload
video Anda di format HD.
·
Jumlah subscriber penting karena memiliki subscriber besar
menjadi signal untuk influensi Anda. Ini juga berarti video Anda akan memiliki
audiens sejak Anda menguploadnya.
Meningkatkan Viewer Action
Viewer action seperti
berlangganan, menyukai, berkomentar, dan membagikan video di media sosial.
Pertama ajak pengunjung menonton konten Anda lebih lama. Lalu minta mereka
melakukan action setelah menonton konten untuk memberi signal nilai dari konten
yang Anda ciptakan.
Kebanyakan penonton tidak
melakukan action apapun setelah menonton video. Agar konten Anda tersebar
secara organik, Anda perlu mendapat lebih banyak viewer yang melakukan action.
Ajak mereka subscribe saluran Anda, menyukai video, berkomentar di video, atau
membagikan link ke media sosial. Berikut cara Anda meningkatkan viewer action:
·
Ajak orang untuk subscribe. Minta mereka melakukan ini dalam
video Anda. Atau gunakan anotasi untuk melakukannya.
·
Tambahkan watermark di setting “InVideo Programming” pada
saluran YouTube. Ini akan menambahkan lapisan yang bagus pada semua video Anda
dimana orang bisa subscribe.
·
Tambahkan channel trailer yang sangat jelas ke non subscriber
dan mendorong mereka untuk subscribe.
·
Berikan insentif agar pengunjung mau subscribe. Misalnya,
“Subscribe untuk mendapat tips dari saya minggu depan,” atau “Jangan lewatkan
interview keren yang akan saya lakukan.”
·
Buat tautan dari situs Anda. Embed video Anda dalam konten. Buat
call to action untuk subscribe ke saluran YouTube di situs Anda.
·
Ajak berkomentar. Ajukan pertanyaan ke penonton dan beritahu
mereka untuk meninggalkan jawaban di komentar. Gunakan area komentar dengan
proaktif untuk menciptakan komunitas. Respon komentar pengunjung. Integrasikan
komentar menjadi video selanjutnya. Lakukan sesi tanya jawab.
·
Promosi di saluran YouTube lain dan website yang relevan.
Perluas jangkauan dan berinteraksilah dengan beberapa blogger dan vlogger
favorit. Coba buat kolaborasi bersama mereka dengan saling melakukan cross
marketing. Anda bisa tambahkan mereka di daftar “featured channels” dan mereka
akan menjadi salah satu “suggested channels” untuk subscriber Anda.
·
Gunakan playlist. Atur video Anda menjadi beberapa tema dengan
menggunakan fitur playlist. Ini tidak berarti hanya video Anda saja.
Menciptakan koleksi video di sekitar topik Anda bisa meningkatkan view karena
orang membagikan konten ke jaringan mereka.
Optimasi Meta Data Video
Meta data adalah informasi
seputar video Anda dan ini membantu YouTube mengetahui isi video. Mengoptimasi
meta data video (judul, deskripsi, tag, thumbnail, dan anotasi) penting untuk
mendapat paparan lebih pada hasil pencarian dan video terkait. Berikut hal yang
perlu Anda perhatikan:
1.
Nama file video. Gunakan kata kunci yang paling penting ketika
mengupload video, bukan nama generik yang Anda dapat dari kamera Anda.
2.
Judul jadi elemen paling terlihat dari video Anda dan jadi
alasan kunci untuk menarik view dan mendapat peringkat di pencarian. Berikut
saran tentang bagaimana mengoptimasi judul:
·
Bula judul yang menarik, pikirkan seperti membuat headline
postingan.
·
Gunakan nama, event, dan kata kunci yang populer lain yang orang
cari untuk diasosiasikan dengan video.
·
Letakkan kata kunci di awal judul.
·
Lakukan secara alami. Jangan over optimasi dengan telalu banyak
kata kunci dan jangan hanya sekedar membuat daftar kata.
·
Jangan buat judul lebih dari 65 karakter (termasuk spasi).
·
YouTube bisa membaca teks di video. Letakkan kata yang sama atau
mirip seperti judul di intro teks pada awal video Anda.
3.
Deskripsi
·
Buat informasi paling menarik dan ingat untuk menyertakan kata
kunci populer yang relevan.
·
Jelaskan sebanyak mungkin tentang video di paragraf pertama.
·
Deskripsi yang lebih panjang bisa membuat peringkat jadi lebih
baik jadi tambahkan informasi yang membantu dan link eksternal yang relevan.
·
Jangan berlebihan menggunakan kata kunci pada deskripsi, gunakan
secara alami.
·
Sertakan tautan pada deskripsi. Untuk meningkatkan kemungkinan
link diklik, letakkan di atas deskripsi.
4.
Tag
·
Tag video dengan sesuai, relevan, dan akurat.
·
Gunakan campuran kata kunci populer dan spesifik.
·
Gunakan tag berurutan berdasarkan relevansi video.
·
Gunakan frase kata kunci dengan tanda baca kutip (“”).
5. Thumbnail
Thumbnail sangat penting agar
video Anda diklik. Bersama judul, thumbnail mempengaruhi apakah penonton
potensial mengklik video atau mengabaikannya. Upload thumbnail yang custom
untuk mendapat gambar paling baik. Berikut bagaimana Anda menemukan gambar:
·
Gunakan gambar besar (minimal luas 640 pixel), ukuran optimal
adalah 1280×720 pixel.
·
Buat thumbnail jelas dan fokus.
·
Gunakan gambar yang bagus yang menangkap perhatian penonton.
·
Wajah close up cenderung berhasil.
·
Thumbnail harus secara akurat mempresentasikan video.
·
Letakkan headline video Anda pada thumbnail.
6. Anotasi
Anotasi adalah teks yang bisa
Anda tambahkan pada bagian atas video. Tambahkan anotasi yang relevan ke semua
video setelah Anda menguploadnya. Gunakan anotasi sebagai call to action agar
orang subscribe saluran Anda, untuk mengajak menyukai, atau memberi komentar,
dan untuk memandu orang menonton video Anda yang lainnya. Anda bahkan sekarang
bisa memberi tautan anotasi ke URL eksternal, jadi gunakan untuk mengarahkan
orang ke situs Anda.
Ciptakan Video Bagus Untuk Embed
Dan Link
Embed dan tautan juga penting
untuk video. Ini sama seperti optimasi mesin pencari pada situs. Embed dan link
ke video dari situs yang relevan dan bereputasi membuat Anda lebih memiliki
otoritas. Untuk mendapat lebih banyak embed dan link, Anda perlu menciptakan
video yang lebih baik
Kenali audiens untuk vlog Anda
dan apa yang mereka inginkan. Tanyakan pada diri Anda, “Apa yang ingin ditonton
oleh target audiens Anda?” Lihat tren pencarian atau pertanyaan apa yang mereka
tanyakan di medisa sosial. Jawaban ini akan memandu Anda ke penciptaan video
yang menarik dan bernilai untuk orang yang ingin Anda jangkau. Video yang
menarik yang orang ingin bagikan adalah kunci untuk mendapat view.
Ngga juga ah
BalasHapus